Kisah Briptu Berto, Seorang Jurnalis Polisi di Polres Mabar

oleh -

MANGGARAI BARAT, JAKARTAPEDIA.id – Kepolisian Republik Indonesia merupakan salah satu garda terdepan dalam pengamanan keamanan negara. Tugas-tugas pokok setiap anggota Kepolisian pun telah diatur sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia.

Namun siapa mengiria, di lembaga Kepolisian juga terdapat wartawan Polisi yang bertugas untuk mewartakan setiap kegiatan dan program kerja Polisi yang bertujuan memberikan informasi kepada  seluruh masyarakat.

Briptu Roberto Emanuel Andreas Sino misalnya, salah satu wartawan Polisi di Polres Manggarai Barat, yang setiap harinya bertugas menulis setiap kejadian dan menagabadikan setiap peristiwa yang terjadi seputar kegiatan Kepolisian Polres Manggarai Barat.

Berbekal pelatihan jurnalistik yang diikutinya, Briptu Berto menulis berbagai kegiatan Kepolisian mulai dari kasus pelanggaran hukum hingga kegiatan edukasi kemasyarakatan yang dilakukan oleh Kepolisian Resor Manggarai Barat, yang dimuat di dalam portal berita tribratanewsmanggaraibarat.com.

Saat ditemui oleh JAKARTAPEDIA.id, Briptu Berto mengatakan menjadi seorang Polisi merupakan cita-cita sejak kecil. Namun saat setelah menjadi Polisi dan bertugas di Polres Manggarai Barat, tugas baru yang belum pernah terpikirkan oleh-nya  yaitu menjadi seorang wartawan Polisi merupakan tantangan terberat, karena dirinya belum memiliki pengalaman di bidangnya.

“Iya benar, saya dari kecil bercita-cita menjadi seorang  Polisi Republik Indonesia, dan saat saya telah menjadi anggota Kepolisian dan bertugas di Polres Manggarai Barat, saya ditunjuk untuk menjadi Humas yang  memegang portal berita tribratanewsmanggaraibarat.com”, ungakapnya.

Saat ditanyai terkait tugas-nya menjadi seorang wartawan Polisi, dirinya menjawab tugas yang diberikan merupakan kepercayaan dan tanggung jawab yang diberikan oleh pimpinan dan harus siap untuk dilaksanakan.

“Sebagai seorang anggota Kepolisian kami dididik untuk selalu siap dalam seluruh tugas dan tanggung jawab yang diberikan, termasuk menjadi wartawan Polisi di Polres Manggarai Barat”, tuturnya.

Dirinya mengisahkan, awal menjalani tugas menjadi seorang Wartawan Polisi, dirinya sedikit mengalami kebingungan, lantaran tidak tahu harus memulai menulis berita dari sisi yang mana.

“Awal saya memulai menulis berita saat itu, saya sedikit kebingungan, karena jujur saya tidak punya pengalaman dalam menulis berita. Namun karena tugas dan tanggung jawab, Puji Tuhan, saya bisa menyelesaikan nya dan termuat di portal berita milik kami dan juga saya berikan kepada teman- teman wartawan untuk bahan pemberitaan mereka”, ungkapnya.

Briptu Berto juga menyampaikan selama menjalani tugas sebagai wartawan Polisi, dirinya  selalu meluangkan waktu untuk membaca berbagi referensi untuk menambah wawasan dalam memperkuat setiap tulisan yang disajikan kepada masyarakat.

“Jujur saja ya, selama ini saya sering meluangkan waktu untuk membaca berbagai referensi baik di media online, cetak dan berbagai buku. Tujuanya ya itu tadi, untuk menambah wawasan intelektual saya dalam membantu untuk penulisan berita-berita saya di Kepolisian”, jelasnya.

Ketika ditanyai terkait hal yang paling mengesankan saat menjadi wartawan Polisi di Polres Manggarai Barat, dirinya menjawab sangat senang, karena dalam setiap momen penting dalam berbagai kegiatan dirinya sering dilibatkan dan dapat berjumpa langsung serta berdekatan degan pejabat-pejabat Kepolisian dan Pemerintah.

” Kalau ditanya soal itu, sudah pasti saya merasa sagat senang dan bangga, yang mana menjadi seorang wartawan Polisi saya selalu dilibatkan dalam kegiatan besar di institusi Polri dan Pemerintah, yaitu saya bisa berdekatan dengan Wakapolri dan petinggi-petinggi lainya meskipun di situ saya hanya anggota biasa, namun saya bangga karena tidak semua anggota akan merasakan hal yang sama seperti saya”, ucapnya sambil tersenyum.

Briptu Berto juga mengatakan, selama menjalani tugas sebagai anggota Kepolisian Republik Indonesia dan membidangi tugas sebagai wartawan Polisi, dirinya selalu memulai segala sesuatu dengan Doa.

” Selama menjalani tugas-tugas saya, semuanya saya mememulainya dengan Doa, saya percaya bahwa apa yang saya lakukan sekarang ini, merupakan berkat dari Tuhan Yesus, sehingga saya yakin dengan Doa Tuhan Yesus akan memberkati saya”, ucapnya.

Dari ketekunannya, menjalani tugas sebagai Wartawan Polisi, disambut baik dikalangan Jurnalis Manggarai Barat. Seperti yang disampaikan oleh Paul, Paul sangat mengapresiasi setiap karya Jurnalistik karya Briptu Berto.

“Saya sangat mengapresiasi kepada Briptu Berto dalam setiap hasil karya Jurnalistiknya, karena selama ini kami merasa terbantu dengan setiap informasi yang diberikan nya kepada kami terkait informasi di kalangan Kepolisian”, tutur Paul.

Hal yang sama juga diutarakan oleh Alexandro Hatol Wartawan TVRI dan Engkos Wartawan Kumparan.com, keduanya mengaku berkat adanya Briptu Berto segala informasi terkait pemberitaan Kepolisian Resor Manggarai Barat dapat diketahui dengan cepat dan akurat. (paul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *