Tingkatkan Minat Baca Anak dan Keluarga, Dispusip DKI Kembali Selenggarakan IKRA Triwulan IV

oleh -

JAKARTAPEDIA.id – Dalam rangka meningkatkan dan membudayakan minat baca bagi warga Ibu Kota, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi DKI Jakarta (Dispusip) kembali mengadakan program Inisiatif Keluarga Ringkas Aksara (IKRA) Triwulan IV periode bulan Oktober-Desember 2021.

IKRA merupakan program literasi berbasis keluarga yang penyelenggaraannya diadakan tiap triwulan, di beberapa kelurahan yang ada di wilayah DKI Jakarta.

“Penyelenggaraan IKRA kali ini bertujuan untuk memberikan alternatif kegiatan edukatif yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga.

Harapannya hal ini bisa meningkatkan minat baca masyarakat di tengah pembatasan kegiatan dan menghadirkan waktu yang berkualitas bersama keluarga,” ujar Kepala Dispusip Provinsi DKI Jakarta, Wahyu Haryadi.

Pada pelaksanaannya, peserta IKRA akan dipinjamkan koleksi buku yang didistribusikan oleh Dispusip Provinsi DKI Jakarta melalui Kader PKK masing-masing Kelurahan.

Buku-buku tersebut kemudian akan dibaca dan diringkas isinya oleh anak dengan didampingi orang tua.

Ringkasan dan dokumentasi kegiatan akan dipublikasikan ke media sosial, baik dalam bentuk foto maupun video.

Dengan melakukan aktivitas yang telah disebutkan di atas, diharapkan anak-anak beserta anggota keluarga pendamping tidak hanya terbiasa membaca di rumah, namun juga melatih kemampuan anak untuk bercerita dan menulis, serta melatih daya kreativitas dalam bentuk publikasi ke media sosial.

Hal ini dirancang agar Jakarta dapat menjadi kota literasi dan berbudaya baca. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *