Lima Aplikasi Islami yang Bisa Jadi Teman Beribadah Selama Ramadhan

oleh -
Aplikasi Muslim Pro. (ist) .

JAKARTAPEDIA.co.id – Kehadiran aplikasi-aplikasi untuk telepon pintar yang menyediakan beragam fitur pendukung kegiatan ibadah dapat memudahkan umat Islam meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah selama bulan Ramadhan kali ini.

Berikut lima aplikasi bisa menemani kegiatan ibadah umat Islam pada bulan suci.

1. Muslim Pro.

Muslim Pro adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu pengguna melaksanakan kegiatan ibadah sehari-hari.

Fitur utama aplikasi ini meliputi jadwal shalat, Al Quran digital, kompas kiblat, bacaan doa, hingga penghitungan zakat.

2. Al Quran, Adzan – Muslim Muna.

Muslim Muna merupakan aplikasi pembelajaran Al Quran. Aplikasi ini menawarkan fitur waktu shalat, adzan, teks untuk doa, kalender Hijriah, arah kiblat, informasi tentang masjid dan restoran halal terdekat, hingga pengingat shalat malam dan puasa.

3. Qara’a Belajar Ngaji Quran.

Sesuai namanya, aplikasi ini menawarkan pengalaman mempelajari Al Quran secara lebih interaktif dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Aplikasi Qara’a memiliki modul belajar yang dilengkapi dengan animasi sehingga memudahkan proses belajar huruf hijaiyah, tahsin, dan tajwid.

Selain itu, ada fitur setor ayat. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan rekaman suara saat belajar dan membaca Al Quran.

Rekaman itu selanjutnya akan mendapat umpan balik dari para penghafal Al Quran bersertifikat.

4. Counter Tasbih Digital.

Aplikasi ini membantu pengguna menghitung bacaan zikir, termasuk saat membaca nama-nama Allah, salawat, dan tasbih setelah shalat.

Aplikasi Counter Tasbih Digital akan mencatat zikir dan menyimpannya dalam bentuk jumlah zikir, tanggal, dan nama zikir.

Apabila pengguna menutup aplikasi ini, angka hitungan zikir tidak akan dihapus. Saat aplikasi dibuka kembali, angka hitungan zikir akan tampil di layar. Pengguna tinggal menekan tombol agar angka kembali berdetak.

5. Ruang kajian – Pahami Islam.

Aplikasi ini berisi kumpulan siniar kajian Islam dari dai. Pengguna dapat mendengar ceramah agama dari dai seperti Ustadz Subhan Bawazier, Ustadz Abi Makki, dan Ustadz Oemar Mita.

Semoga artikel di atas bisa untuk referensi Anda saat menjalankan ibadah Ramadhan 2024. (ant/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *