DLH DKI Jakarta Berhasil Angkut 66 Ribu Ton Sampah Selama Libur Lebaran 2024

oleh -
Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengangkut 66 ribu ton lebih sampah selama periode tujuh hari sebelum (H-7) hingga hari kedua Lebaran 2024 atau Kamis (11/4/2024) di lima wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu. (ist/ant)

JAKARTAPEDIA.co.id – Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta mengangkut 66 ribu ton lebih sampah selama periode tujuh hari sebelum (H-7) hingga hari kedua Lebaran 2024 atau Kamis (11/4/2024) di lima wilayah kota administrasi dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

“Periode tujuh hari sebelum Lebaran sampai hari kedua Lebaran, sampah yang berhasil kami angkut sebanyak 66.615,84 ton,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH( DKI Jakarta Asep Kuswanto saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Berdasarkan data yang diterima dari DLH DKI Jakarta, jumlah sampah hari pertama dan kedua Lebaran 2024 mengalami penurunan dibandingkan sebelum Lebaran.

Pada hari pertama Lebaran tercatat sampah yang diangkut sebanyak 2.610,14 ton, sedangkan pada hari kedua sebanyak 2.987,82 ton.

Asep menyebutkan, proses pengangkutan sampah dari rumah warga ke tempat pembuangan sementara (TPS) sempat dihentikan sementara untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

“Akan kembali normal diperkirakan H+7 saat pemudik sudah kembali ke Jakarta dan tukang gerobak kembali masuk menjemput sampah dari rumah ke rumah dan dikirim ke TPS,” kata Asep.

Sedangkan beberapa lokasi penanganan sampah badan air yang dilakukan jajaran DLH DKI Jakarta, antara lain:

1. Waduk Tomang, Jalan Tanjung Duren Utara, Grogol Petamburan, Jakarta Barat.

2. Aliran Kali Pulo, Jalan Raya Ragunan, Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

3. Aliran Sodetan Kalibata, Jalan Menara Air, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengapresiasi sektor esensial, seperti layanan kesehatan, keamanan dan ketertiban hingga transportasi yang tetap berperan optimal selama libur Lebaran 2024.

“Pemprov DKI Jakarta turut mengapresiasi sektor esensial yang tetap bekerja saat cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah,” kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Selasa (16/4/2024).

Sektor yang dimaksud antara lain layanan kesehatan, keamanan dan ketertiban, penanganan bencana, energi, transportasi, utilitas dasar dan sejenisnya.

Heru juga mengucapkan terima kasih kepada para tenaga medis, jajaran Satpol PP, Dinas Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan jajaran lainnya yang sudah bekerja secara maksimal serta memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. (ig/ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *