Gubernur DKI Anies Disambut Pedagang Pasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan Saat Beli Oleh-oleh

oleh -
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (ist)

BALIK PAPAN, JAKARTAPEDIA.id  – Sebanyak 33 Gubernur se-Indonesia batal untuk berkemah bareng Presiden Joko Widodo di titik nol Ibu Kota Negara Nusantara di Kalimantan Timur.

Semula, semua gubernur dari seluruh provinsi di Indonesia itu dijadwalkan menginap di tenda bareng Presiden Joko Widodo dan sejumlah menteri pada Senin (14/3/2022) malam ini, usai  prosesi penyatuan tanah dan air dari 34 provinsi.

Namun pada akhirnya pihak Istana memutuskan hanya Gubernur Kaltim Isran Noor selaku tuan rumah yang menginap di tenda bareng Jokowi dan menteri.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun memtusukan langsung pulang ke Jakarta begitu mengetahui agendanya menginap dengan Presiden batal.

Tetapi, sebelum pulang, Anies menyempatkan diri membeli oleh-oleh di Pasar Inpres Kebun Sayur, Balikpapan.

Anies tiba di Pasar Inpres Kebun Sayur sekira pukul 13.30 Wita dan langsung berkeliling di pusat oleh-oleh Balikpapan tersebut.

Gubernur DKI Jakarta tersebut langsung mendatangi satu per satu kios pedagang yang menjual pernak pernik khas Kalimantan Timur. Para pedagang pun tak menyangka orang nomor satu di Jakarta itu datang mengunjungi Pasar Inpres Kebun Sayur.

“Enggak nyangka mas, tadi beliau datang langsung keliling di kios-kios cari oleh-oleh,” kata H Muhammad, Ketua Pedagang Pasar Inpres Kebun Sayur.

Dalam kunjungannya, Anies disapa oleh sejumlah pedagang asli Jakarta yang telah lama tinggal di Balikpapan. Para pedagang juga memberikan oleh-oleh khas Kalimantan Timur yakni kain tenun Samarinda.

Anies juga menyempatkan diri menunaikan ibadah shalat zuhur di Mushola At Taslim yang berada di kawasan Pasar Inpres Kebun Sayur. Usai salat, tampak Anies meladeni warga yang meminta berfoto dengannya.

Anies mengatakan, dirinya menyempatkan diri jalan-jalan ke pusat oleh-oleh di Balikpapan usai kegiatan bersama Presiden. Sebab, setelah ini, dirinya langsung terbang kembali ke Jakarta untuk melanjutkan pekerjaannya.

“Ini sekarang saya sedang di Pasar Kebun Sayur kebetulan lihat beberapa suvenir tikar dan rotan. Tadi pagi bersama Bapak Presiden kita di titik nol IKN Nusantara dan semua acara berlangsung lancar dan sekarang saya mau ke bandara terus kembali bertugas di Jakarta,” kata Anies, seperti dilansir dari kompas.com pada Senin (14/3/2022).

Ditanya soal pemindahan IKN ke Kaltim, Anies mengatakan, dirinya sangat mendukung apa yang telah menjadi keputusan Presiden.

Dia yakin dengan berpindahnya Ibu Kota Negara ke Kaltim akan membawa dampak perekonomian yang baik.

Sehingga, perpindahan IKN ini juga merupakan peluang dalam peningkatan perekonomian hingga sosial secara merata di Indonesia.

“Kalau kami di Jakarta, kami lihat ini sebagai peluang untuk mengembangkan kota kita menjadi kota global. Kegiatan perekonomian, kebudayaan, kesenian dan sosial itu semua simpulnya di Jakarta. Jadi, sebagai simpul perekonomian itu kan di Jakarta, kami berharap ini akan menjadi jembatan Indonesia menuju dunia,” ungkap dia. (kmc/dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *