Basarnas Kolaborasi BPBD Tempatkan 1.000 Relawan di Obyek Wisata

oleh -
Relawan dan petugas disiagakan di obyek wisata pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, guna mengawasi dan mengimbau wisatawan yang jumlahnya meningkat pada H+1 lebaran di Pantai Cemara, Kecamatan Cidaun, Jumat (12/4/2024).(ist/ant)

CIANJUR, JAKARTAPEDIA.co.id – Basarnas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, bersama BPBD setempat menempatkan sekitar 1.000 relawan di obyek wisata di Cianjur untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi kecelakaan yang menimpa wisatawan.

Komandan Regu Basarnas Cianjur, Andika Zain di Cianjur, Jumat (12/4/2024), mengatakan untuk pengamanan dan penanganan cepat bencana dan kecelakaan yang menimpa wisatawan selama libur panjang hari raya, pihaknya mendirikan posko bersama di sejumlah titik di jalur mudik Cianjur.

“Kami juga mendirikan pos keselamatan di sejumlah obyek wisata air seperti di pantai selatan Cianjur bekerja sama dengan Polair Polres Cianjur, BPBD Cianjur, PMI Cianjur, dan Damkar Cianjur, serta relawan se-Cianjur,” katanya.

Petugas gabungan disiagakan mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran, di mana petugas akan memberikan berbagai pelayanan kemanusiaan termasuk melakukan upaya cepat ketika terjadi kecelakaan di jalan raya, pantai, dan waduk.

Petugas yang ditempatkan di obyek wisata juga melakukan pengawasan dan imbauan pada wisatawan agar tetap mengutamakan keselamatan dan menghindari air terjun atau pantai ketika hujan turun deras disertai angin kencang yang berpotensi mengancam keselamatan.

“Petugas akan melakukan pengawasan terhadap wisatawan yang menghabiskan libur panjang hari raya di obyek wisata di Cianjur, terutama wisata pantai, di mana Relawan Tangguh Bencana (Retana) BPBD Cianjur sudah disiagakan,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD Cianjur, Asep Sukma Wijaya mengatakan relawan gabungan dari berbagai organisasi kemanusiaan telah ditempatkan di obyek wisata yang berpotensi terjadi kecelakaan terutama wisata air seperti Waduk Jangari dan pantai selatan.

“Kami melakukan kordinasi dengan Basarnas, Polair Polres Cianjur, PMI Cianjur, Damkar Cianjur dan Forum Relawan di Cianjur, untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pemudik dan wisatawan yang menghabiskan libur di obyek wisata Cianjur,” katanya.

Asep menambahkan, relawan juga disiagakan di belasan pos pengamanan yang dibangun Polres Cianjur untuk membantu petugas mengatur arus lalu lintas serta melakukan pemantauan wilayah rawan bencana di sepanjang jalur mudik. (ist/rus)


“Dibuka Kesempatan untuk Bergabung Menjadi Wartawan Daerah Cianjur, Anda Berminat Silahkan WA ke 081510868686”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *