Dinas Gulkarmat DKI Libatkan Dasa Wisma Inspeksi Rumah Warga Untuk Cegah Kebakaran

oleh -

JAKARTAPEDIA.id – Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta melibatkan dasa wisma dari unsur masyarakat untuk mensosialisasikan dan inspeksi rumah warga sebagai antisipasi kebakaran akibat kemarau dan gelombang panas.

“Jadi berdasarkan Ingub 65 Tahun 2019 tentang Gerakan Warga Cegah Kebakaran, amanatnya juga melibatkan dasa wisma untuk sosialisasi hingga inspeksi terkait kerawanan kebakaran pada rumah warga,” kata Kepala Dinas Gulkarmat DKI Jakarta Satriadi pada Jumat, (13/5/2022).

Satriadi menyebutkan bahwa dasa wisma memiliki 10 variabel yang jadi indikator penilaian terhadap rumah yang diinspeksi termasuk rawan atau tidak dan akan ditindaklanjuti jika termasuk ke dalam kategori rumah rawan kebakaran.

“Jadi variabelnya apakah penggunaan kelistrikannya sudah memenuhi persyaratan atau tidak, terus apakah kompor-kompor gas terawat atau tidak, apakah ada ventilasi atau tidak, dan lain-lainnya termasuk penunjangan kesehatan pada penghuninya. Jika termasuk ke dalam rumah rawan akan ditempelkan stiker pemberitahuan dan akan terus dipantau untuk peningkatan kualitasnya,” ucap Satriadi.

Selain melibatkan dasa wisma yang diketahui tersebar di seluruh Jakarta, Satriadi mengungkapkan bahwa pihaknya juga sosialisasi melalui pengeras suara masjid yang tersebar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

“Karena di masa pandemi ini kan kita tidak bisa mengumpulkan warga untuk sosialisasi. Karenanya kami melakukan sosialisasi menggunakan voice recorder melalui pengeras suara untuk meningkatkan sasaran dan kewaspadaan akan bahaya kebakaran,” ucap Satriadi yang menyebut kegiatan tersebut dilakukan setiap hari oleh petugas setiap kantor Gulkarmat di tingkat sektor wilayah.

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI mengimbau warga untuk waspada dan juga menghemat air demi mengantisipasi musim kemarau yang diprediksi akan mulai berlangsung pada Juni 2022 di Jakarta, termasuk memeriksa tabung gas secara berkala demi mencegah kebakaran.

“Kami mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengajak masyarakat untuk mengantisipasinya dengan mulai melakukan penghematan air, serta menjadikannya sebagai gaya hidup baru. Ancaman bencana kebakaran pada gedung dan pemukiman juga perlu kita antisipasi bersama sebagai bentuk kewaspadaan terhadap dampak kekeringan di musim kemarau ini,” kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji di Jakarta, Senin (9/5/2022). (ant/dra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *