Gubernur DKI Jakarta Anies Ingin 50 Persen Bus TransJakarta Bertenaga Listrik pada 2025

oleh -
Integrasi angkutan umum massal di Jakarta semakin hari semakin tersambungkan. Hal itu ditunjukkan dengan bergabungnya armada legendaris Koperasi Angkutan Lintas Bima (Koantas Bima) ke sistem BRT Transjakarta-Jak Lingko. Secara seremonial integrasi antara Koantas Bima dan Transjakarta-Jak Linko tersebut digelar di Stasiun Tanah Abang yang merupakan trayek dari Koantas Bima sebelumnya, yakni Ciputat-Tanah Abang. (ist)

JAKARTAPEDIA.id – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menginginkan 50 persen armada bus TransJakarta sudah menggunakan tenaga listrik pada 2025.

“Mengganti separuh bus TransJakarta menjadi armada listrik secara bertahap dan selesai pada tahun 2025,” kata Anies pada hari pertama “Jakarta E-Mobility Event” yang merupakan rangkaian “U20 Indonesia” dan disiarkan Youtube Pemprov DKI Jakarta, Selasa (1/3/2022).

Armada TransJakarta, kata Anies, merupakan “pilot project” dalam usaha Jakarta untuk menekan emisi karbon yang dihasilkan dari kendaraan bermotor. Target besarnya adalah Jakarta akan bebas emisi kendaraan pada 2050.

“Target terdekat pada 2030 Jakarta dapat mengurangi emisi karbon sebesar 50 persen,” kata Anies.

Anies optimistis target 2050 itu bisa tercapai karena saat ini Jakarta sudah mengurangi emisi karbon sebesar 26 persen.

Adapun pemerintah pusat menargetkan Indonesia mencapai nol emisi karbon pada 2060 mendatang.

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, cara untuk mencapai target tersebut, yakni dengan bekerja maksimal dengan menggunakan teknologi hijau.

Sehingga, kata dia, produk yang dihasilkan adalah yang ramah lingkungan dan tentunya bisa mendukung capaian pengurangan emisi karbon. (ant/pede)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *