Curah Hujan Ekstrem, Pemkot Jakut Tingkatkan Mitigasi Bencana Hadapi Banjir Besar

oleh -

JAKARTAPEDIA.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara meningkatkan upaya mitigasi bencana menyusul imbauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta terkait prakiraan curah hujan tinggi hingga akhir Januari mendatang.

Wali Kota Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengungkapkan, curah hujan lokal yang tinggi jika dibarengi dengan air pasang laut (rob) berpotensi menyebabkan genangan sehingga antisipasi dan upaya mitigasi bencana telah dilakukan Pemkot sejak dini.

Sejumlah wilayah di Jakarta Utara yang berpotensi terjadinya genangan meliputi, Pademangan, Penjaringan, dan Cilincing.

“Para petugas kita minta mengecek semua sarana prasarana, pintu air dan pompa yang ada. Pimpinan wilayah agar menyiagakan dan mengaktifkan posko bencana seperti tempat evakuasi berikut petugasnya. Jadi antisipasi telah kita lakukan sejak awal,” ujar Ali Maulana Hakim, seperti dilansir Kamis (20/1/2022).

Dikatakan Ali, koordinasi juga terus dilakukan jajarannya dengan BPBD DKI Jakarta. Bahkan, petugas BPBD telah disiagakan selama 24 jam di kantor wali kota untuk membantu jajaran Pemkot Administrasi Jakarta Utara.

“Bantuan petugas tim reaksi cepat (TRC) BPBD DKI difungsikan untuk memitigasi bencana sejak awal serta membantu wilayah dalam penanganan jika terjadi bencana setiap saat termasuk mengkoordinasikan terkait kebutuhan saat bencana,” tandasnya. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *