Dinkes DKI Akui Omicron Sulit Terdeteksi karena Gejalanya Sangat Ringan

oleh -

JAKARTAPEDIA.id – Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) DKI Jakarta Dwi Oktavia mengatakan, kasus Covid-19 varian Omicron sulit dideteksi karena memiliki gejala yang sangat ringan.

Kepala Bidang Pencegahan Pengendalian Penyakit (P2P) DKI Jakarta, Dwi Oktavia mengatakan, kasus Covid-19 varian Omicron sulit dideteksi karena memiliki gejala yang sangat ringan.

Banyak dari orang yang terpapar Omicron, kata dia, tidak menyadari mereka sedang terjangkit Covid-19.

“Kalau Omicron kan gejala mayoritas ringan, enggak menyadari, itu susahnya Omicron, enggak ngeh bahwa dia Covid-19,” ujar Dwi saat dihubungi melalui telepon, Senin (10/1/2022).

Gejala ringan ini, kata Dwi, yang mungkin menjadi penyebab tertularnya seorang wanita berinisial R di empat RT Kelurahan Krukut, Tamansari, Jakarta Barat.

Dwi mengatakan, R terpapar Covid-19 suspek Omicron setelah melakukan perjalanan keluar kota bersama tetangganya awal Desember 2021 lalu.

R kemudian mulai bergejala pada akhir Desember dan menjalani pemeriksaan Covid-19 kemudian dinyatakan positif Covid-19.

“Bisa jadi yang saya bilang, kita mengenali ibu R ni sebagai kasus yang pertama tapi bisa jadi dia sebenarnya tertular dari orang lain yang ada di lingkungannya yang tidak terdeteksi,” kata Dwi.

Karena Covid-19 varian Omicron sulit terdeteksi dari gejala, Dwi meminta masyarakat tetap waspada dengan cara menjalankan protokol kesehatan seketat mungkin.

“Kita sama-sama (harus) untuk mengingatkan orang pakai masker, jaga jarak, karena Omicron gejalanya ringan tapi bisa menularkan,” ucap dia.

Sebagai informasi, empat RT di kelurahan Krukut, Tamansari Jakarta Barat harus menerapkan micro lockdown setelah seorang warga berinisial R terpapar Covid-19 suspek Omicron.

Setelah diketahui positif Covid-19, kasus merembet ke 35 orang sehingga total kasus Covid-19 di daerah itu mencapai 36 orang. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *