Warga Terdampak Longsor di Pondok Kelapa Dapat Bantuan dari Dinsos & PMI Jakarta Timur

oleh -

JAKARTAPEDIA.co.id – Tiga warga di Jalan Janur Raya RT 03/07 Pondok Kelapa, Duren Sawit, yang rumahnya tergerus longsor, mendapat bantuan dari Suku Dinas Sosial dan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Timur, Minggu (7/7/2024).

Rumah tiga warga ini mengalami longsor, saat terjadi hujan deras, Sabtu (6/7/2024) malam kemarin.Tercatat ada 11 jiwa dari tiga Kepala Keluarga (KK) yang terdampak peristiwa ini.

Plt Kasudin Sosial Jakarta Timur, Abdul Salam mengatakan, ada tujuh jenis natura dan tujuh sandang yang diberikan pada warga terdampak rumah longsor tersebut.

“Bantuan kita berikan sesuai kebutuhan, namun jika masih kurang bisa ditambah lagi,” kata Abdul Salam, Minggu (7/7/2024).

Dia menjabarkan, bantuan natura yang diberikan berupa beras enam kantong ukuran 5 kilogram, mie instans enam dus, biskuti 12 pack.

Kemudian sarden 18 kaleng, kecap manis enam pack, minyak goreng enam pack dan air mineral enam dus.

Untuk kebutuhan sandangnya, ungkap Salam, bantuan yang diberikan berupa kasur busa tiga lembar, terpal tiga lembar, selimut dewasa 12 lembar, sepatu tiga pasang, seragam sekolah SMP dua stel, seragam SD satu stel dan tas sekolah tiga pcs.

Sementara, pihak PMI Jakarta Timur menyalurkan bantuan berupa Hygiene Kit tiga boks, Family Kit tiga boks, sembako tiga paket. Kemudian tikar tiga pcs, terpal tiga pcs, school kit tiga pcs dan mie instan tiga dus.

“Bantuan tersebut diserahkan pada pengurus RT setempat, untuk selanjutnya diberikan pada warga terdampak longsor,” ungkap Kepala Seksi Humas dan Komunikasi PMI Jakarta Timur, Agus Bastian.

Lurah Pondok Kelapa, Rasikin mengungkapkan, peristiwa longsor terjadi sekitar pukul 13.30 WIB siang kemarin, ketika sedang terjadi hujan deras disertai angin kencang.

Mulanya ada salah satu rumah yang posisinya lebih tinggi bagian belakangnya ambruk dan menimpa dua rumah di bawahnya.

“Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa ini,” tuturnya.

Menurut Rasikin, dari hasil mediasi dan musyawarah, disepakati bahwa pemilik rumah yang bagian belakangnya longsor itu bersedia memberikan ganti rugi pada dua rumah yang ada di bawahnya.

“Mediasi dan musyawarah, saya pimpin langsung tadi malam,” tandasnya. (bj/ig)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *