Dinas LH DKI Jakarta Kolaborasi TCare Gelar Lomba Kampanye Media Sosial ‘Eco Qurban’ Bertajuk ‘Kurban Berkah Bebas Sampah’.

oleh -
Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Tunas Muda Care (TCare) menyelenggarakan lomba kampanye media sosial 'Eco Qurban' bertajuk ‘Kurban Berkah Bebas Sampah’. (ist/bjc)

JAKARTAPEDIA.co.id – Dinas Lingkungan Hidup (LH) Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan Tunas Muda Care (TCare) menyelenggarakan lomba kampanye media sosial ‘Eco Qurban’ bertajuk ‘Kurban Berkah Bebas Sampah’.

Periode lomba selama prosesi pemotongan hewan kurban Iduladha 1445 Hijriah atau tanggal mulai 17 sampai 20 Juni 2024.

“Lomba ini mengajak seluruh warganet di Jakarta untuk membuat konten video reels Instagram tetang pelaksanaan kurban yang ramah lingkungan untuk mengarusutamakan penerapan kurban ramah lingkungan ini di DKI Jakarta,” ujar Asep Kuswanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Senin (17/06/2024).

Adapun cara untuk mengikuti lomba adalah sebagai berikut:

1. Bagikan momen Qurban eco-friendly di reels juga story Instagram.

2. Sertakan hashtag #EcoQurbanJakarta juga tag @dlhdkijakarta dan @tcare.id.

3. Ceritakan bagaimana menjaga lingkungan saat proses Eco Qurban tersebut.

Dinas LH DKI Jakarta juga membagikan kiat atau cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan prinsip Eco Qurban:

• Menjaga kebersihan tempat penampungan dan pemotongan hewan kurban.

• Tidak membuang limbah hewan kurban sembarangan di badan air (got, selokan, dan sungai/kali).

• Membawa wadah ramah lingkungan dari rumah seperti guna ulang thinwall saat mengambil daging kurban.

• Limbah diolah kembali melalui pengomposan dengan meetode komposter, Biokonversi Maggot Black Soldier Fly, juga dapat dikirim ke tempat pengolahan yang tepat.

• Mengubur limbah kurban ke dalam lubang tanah (jika tersedia) minimal 1 meter kubik untuk sapi berukuran 400 sampai 600 kilogram dan minimal 0,3 meter kubik untuk kambing berukuran 25 sampai 35 kilogram.

Adapun untuk Juara 1 lomba akan mendapatkan uang sebesar Rp 2.000.000, Juara 2 mendapat Rp 1.000.000, dan Juara 3 Rp 500.000.

“Lima pemenang beruntung akan mendapat saldo Gopay 100.000,” tandas Asep. (bj/ig)

“Bang Pede Konsultan Siap Membantu Pendirian dan Pembuatan Legalitas PT, CV, Koperasi, Yayasan, dan Perkumpulan untuk Wilayah Jakarta & Bekasi, Info Lebih Lengkap Bisa Hubungi WA ke 0822-4974-0969”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *