Soal Restorasi Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta Juga Didukung Akademisi

oleh -
Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta. (ist)

JAKARTAPEDIA.co.id – Akademisi Universitas 17 Agustus (Untag) Fernando Emas juga mendukung penuh rencana Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ihwal restorasi Rumah Dinas (Rumdin) Gubernur yang berada di Menteng, Jakarta Pusat.

“Saya mendukung upaya yang dilakukan oleh pemerintah DKI Jakarta untuk melakukan restorasi rumah dinas gubernur pasalnya juga masuk bangunan cagar budaya,” ujar Fernando saat dihubungi, Kamis (17/4/2024).

Fernando mengatakan, dengan anggaran mencapai Rp22,2 Miliar tentu restorasi rumah dinas gubernur ini harus bermanfaat. Terlebih, rumah dinas termasuk dalam cagar budaya yang sudah pasti beda perawatannya dengan bangunan biasa.

“Anggaran sebesar Rp22,2 miliar merupakan jumlah yang cukup besar. Namun karena gedung Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta merupakan cagar budaya tentu anggaran dan juga penanganan tidak seperti gedung biasa yang tidak termasuk cagar budaya,” tuturnya.

Oleh karena itu, Fernando meminta semua pihak agar memahami terlebih dahulu sebelum melakukan penolakan karena melihat besaran anggaran yang dikeluarkan Pemprov DKI.

“Semua pihak diharapkan memahami besarnya anggaran yang dikeluarkan apakah sesuai dengan kebutuhan atau tidak. Sehingga tidak langsung melakukan penolakan tanpa terlebih dahulu mempelajari mengenai peruntukan anggaran dan manfaat dari pengerjaan restorasi bangunan yang juga masuk cagar budaya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengalokasikan anggaran sebesar Rp22.288.335.510 (Rp22,2 miliar), untuk melakukan restorasi Rumah Dinas Gubernur yang berada di Jalan Taman Suropati No.7, RT.5/RW.5, Menteng, Jakarta Pusat.

Dilihat dari situs resmi SiRUP LKPP, proyek Pekerjaan Restorasi Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta diberi kode RUP 50774494. Adapun proyek tersebut berada di Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Pertanahan DKI Jakarta.

Rencananya, tender bakal dimulai pada bulan Juni 2024 mendatang. Sedangkan, pelaksanaan proyek ditargetkan bulan Juli hingga Desember 2024. Sementara untuk pemanfaatan barang/jasa dimulai Tahun 2025 mendatang.

Selain itu, Pemprov DKI telah membuka tender untuk Perencanaan Restorasi Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta dengan total pagu Rp1.549.282.980 (Rp1,5 miliar). Pemprov DKI juga membuka tender Pengawasan Restorasi Rumah Dinas Gubernur DKI Jakarta dengan total pagu Rp1.161.962.235 (Rp1,1 miliar). (rls/ig)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *