932 Personel Gabungan Siap Amankan Libur Lebaran di Jaktim

oleh -
Sekitar 932 personel gabungan Satpol PP, Kepolisian dan TNI, dikerahkan untuk melakukan pengamanan di wilayah kota Jakarta Timur selama libur Idulfitri. (ist)

JAKARTAPEDIA.co.id – Sekitar 932 personel gabungan Satpol PP, Kepolisian dan TNI, dikerahkan untuk melakukan pengamanan di wilayah kota Jakarta Timur selama libur Idulfitri.

Wali Kota Jakarta Timur, Muhammad Anwar mengatakan, seluruh personel gabungan ini sudah diterjunkan sejak H-7 Lebaran di posko pengamanan yang telah disiapkan Kepolisian. Mereka melakukan pengamanan arus mudik dan balik di terminal, saat malam takbir dan saat pelaksana Idulfitri.

“Kekuatan personel terdiri dari 462 personel Polri, 35 TNI dan Satpol PP 435 personel. Jumlah ini belum termasuk dari unsur masyarakat, yang membantu,” ujar Anwar, Minggu (7/4/2024).

Demi menjaga kekhusyukan, kenyamanan dan kemanan, Anwar mengingatkan warganya agar tidak melakukan takbir keliling, konvoi di jalan dan bermain petasan. “Ini akan memicu terjadinya gesekan antar kelompok,” ucap Anwar.

Wakapolres Metro Jakarta Timur, AKBP Burhanudin menambahkan, dalam melakukan pengamanan pihaknya menyiapkan 462 personel dan mendirikan 11 posko terpadu yang disebar ke sejumlah lokasi.

Dia menegaskan, pihaknya bersama jajaran tiga pilar lain, siap mengamankan pelaksanaan proses ibadah Idulfitri. Mulai dari arus mudik hingga pengamanan lokasi wisata di Jakarta Timur.

“Kami siap mengamankan pelaksanaan salat Idul Fitri, arus mudik dan arus balik maupun tempat keramaian di Jakarta Timur,” ujar AKBP Burhanudin.

Dukungan pengamanan juga diutarakan Kasdim 0505 Jakarta Timur, Letkol Inf Ali Cahyono. Pihaknya, menerjunkan 35 personel untuk bergabung dengan unsur Polri Satpol PP dan masyarakat.

“Untuk Babinsa agar tetap siaga di wilayahnya masing-masing, membantu pengamanan di wilayah tugasnya,” ujar Ali Cahyono.

Sementara, Kasatpol PP Kota Jakarta Timur, Budhy Novian menyampaikan, 435 personelnya bergabung dengan unsur TNI/Polri dan masyarakat.

Selain ditempatkan di posko pengamanan, mereka juga disebar ke beberapa ruas jalan untuk pengamanan antisipasi takbir keliling.

“Titik pengamanan di antaranya di Terminal Terpadu Pulogebang, Terminal Kampung Rambutan dan Stasiun Jatinegara,” bebernya.

Untuk bantu pengamanan salat Idulfitri, ucap Budhy, pihaknya menerjunkan personel di 10 masjid besar. di antaranya Masjid Al Azhar Cakung, At Tien TMII, Masjid Raya Baitussalam Komplek Billymoon dan sejumlah masjid lainnya. (ant/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *