Pj Gubernur Heru Pastikan tak Ada Pembebasan Lahan Sodetan Ciliwung

oleh -
Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono. (ist)

JAKARTAPEDIA.co.id – Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono memastikan tidak ada lagi pembebasan lahan untuk proyek sodetan Ciliwung karena sudah selesai dituntaskan pemerintah.

“Saya lihat di (sodetan) Ciliwung, sudah (pembebasan lahan),” kata Heru di Penjaringan, Jakarta Utara.

Menurut dia, saat ini di ujung sodetan sedang dilakukan pelebaran sehingga jembatan yang ada di atasnya juga menyesuaikan sehingga dilebarkan sekitar 15 meter.

“Kalau kalinya dilebarkan jadi 20 sampai 30 meter, kan jembatannya harus kami panjangkan di ujung,” ucapnya yang dilansir Jumat (3/2/2023).

Meski ada pelebaran di ujung sodetan, Heru menyebut tidak ada lahan yang perlu dibebaskan.

Sebelumnya, Ketua Komisi D DPRD DKI Ida Mahmudah mengungkapkan pihaknya menerima informasi masih ada lahan yang perlu dibebaskan untuk proyek sodetan Ciliwung.

“Itu kemarin hasil pembicaraan ada kebutuhan pembebasan lahan terkait dengan ada penyeberangannya. Hanya beberapa bidang yang harus dibebaskan dan pembebasan itu adanya di Dinas SDA anggarannya,” kata Ida saat rapat dengan Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Rabu (1/2/2023).

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas SDA DKI Yusmada Faizal mengatakan pembebasan lahan dan pengerjaan fisik dilaksanakan oleh pemerintah pusat.

Pemprov DKI, kata dia, dalam proses pembebasan lahan hanya berwenang dalam proses pra perencanaan hingga penentuan lokasi.

“Sodetan itu baik pembebasan lahannya maupun fisiknya oleh Kementerian PUPR,” katanya.

Heru sebelumnya memastikan sodetan Kali Ciliwung di Jakarta Timur siap menjalani tes sebelum proyek itu rampung rencananya pada April 2023.

Saat ini, proyek pembangunan sodetan Ciliwung itu sedang tahap penyempurnaan dengan menyelesaikan penyambungan dan penutupan untuk kontrol sodetan.

Proyek sodetan Ciliwung nantinya mengalirkan air ke Kanal Banjir Timur (KBT) sehingga diperkirakan dapat mengurangi sekitar 10 persen banjir di Ibu Kota.

Adapun kapasitas sodetan itu diperkirakan hingga 60 meter kubik per detik untuk mereduksi banjir. (dra)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *